Langsung ke konten utama

Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019 – Petunjuk teknik DEKON Sekolah Menengah Atas merupakan acuan yang ditujukan sebagai bagian dari upaya pemerintah guna mencapai tujuan yang telah direalisasikan dalam RENSTRA (Rencana Strategis) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) pelaksanaannya dimulai dari 2015  sampai dengan 2019.

 Petunjuk teknik DEKON Sekolah Menengah Atas merupakan acuan yang ditujukan sebagai bagian Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF
Download Juknis Dekonsentrasi SMA 2019. PDF

Tahun ini merupakan tahun yang bisa dikatakan sangat penting karena sudah ke (tiga) kalinya program yang diselenggarakan DITERKTORAT PEMBINAN SMA terkait dengan pengelolaan pendidikan tingkat menengah yang seutuhnya berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi di Wilayah Indonesia, sebagai konsekuensi penerapan Undang-Undang Nomor 23 2014 mengenai Otonomi Daerah.

Setelah kegiatan Dekonsentrasi SMA selesai diselenggarakan, selanjutnya harapan dari tim pengembang peserta didik dapat memperoleh pengetahun (PKB) pendidikan karakter bangsa; mendapatkan pelatihan meneganai MBS (manajemen berbasis sekolah) bisa berpartisipasi ataupun mengikuti perlombaan, olimpiade, atau festival.

LOMBA, FESTIVAL DAN OLIMPIADE
(output 5627.016 : siswa yang mengikuti lomba, festival, dan olimpiade)

Gambaran Umum

Dalam rangka mendukung bakat, minat, dan potensi peserta didik, maka Direktorat Pembinaan SMA melaksanakan kegiatan kesiswaan berupa kegiatan lomba, festival, dan olimpiade. Melalui kegiatan tersebut diharapkan memacu peserta didik untuk meraih prestasi dan memiliki daya saing yang kompetitif di bidang sains, bahasa, seni, dan olahraga. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan meliputi:
  • Olimpiade Sains Nasional (OSN);
  • Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N);
  • Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN);
  • Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Lomba Debat Bahasa Inggris (National Schools Debating Championship - NSDC).
Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui proses seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. setiap provinsi mengirim peserta didik hasil seleksi/juara untuk dikirim ke tingkat nasional.

Tujuan
Secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah:
  1. Mengembangkan minat, bakat, potensi, dan kreativitas peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
  2. Memberikan akses layanan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
  3. Meningkatkan sikap kritis, budaya kompetitif, penerapan problem solving dalam pembelajaran; d. Meningkatkan kemandirian diri peserta didik untuk mendukung ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang positif;
  4. Meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan;
  5. Mendorong satuan pendidikan dalam pembinaan peserta didik dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa;
  6. Menumbuhkan budaya literasi dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa, secara optimal;
  7. Menumbuhkan semangat nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penerima Manfaat
Penerima Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :
  • Peserta Didik SMA di seluruh Indonesia Mendapatkan peningkatan pengetahuan dan kapasitas akademik, pembentukan sikap, meningkatkan mutu, dan semangat daya saing SMA di seluruh Indonesia.
  • Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia Mendapatkan gambaran kualitas pendidikan di tingkat provinsi.
  • Direktorat Pembinaan SMA. Mendapatkan gambaran kualitas dalam bidang sains, seni, olahraga, dan bahasa di tingkat nasional dan internasional.
Jenis Kegiatan

Untuk output ini terdapat 4 (empat) sub-output yang pelaksanaanya didanai dengan dana dekonsentrasi, yakni: a. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains; b. Siswa yang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N); c. Siswa yang mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN); d. Siswa yang mengikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan Bahasa Inggris Tingkat Nasional/National Schools Debating Championships (NSDC). Secara terinci kegiatan masing-masing sub-output adalah sebagai berikut :

Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025

1). Deskripsi Kegiatan Koordinasi Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 adalah fasilitasi untuk melakukan Pemetaan Kebutuhan Sarana dan Prasarana SMA Tahun 2019-2025 serta menyusun Draft Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA tahun 2025 di Tingkat Provinsi. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh 34 Dinas Pendidikan Provinsi dengan melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi (Bagian Penyusunan Program dan Anggaran), BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Provinsi, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi (UPT Dinas Pendidikan), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), SMA Rujukan dan SMA Kewirausahaan, Tim Satgas Data Pokok Pendidikan Provinsi.

2). Mekanisme Kegiatan Mekanisme kegiatan Penyusunan Roadmap Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025, sebagai berukut: a) Menyusun jadwal pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. b) Penggandaan materi dan panduan pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. c) Melakukan koordinasi dengan Direktorat Pembinaan SMA terkait pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi. d) Melaksanakan Kegiatan Kegiatan Koordinasi Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMA Tahun 2025 Tingkat Provinsi.

Download Juknis Dekonsentrasi SMA Tahun 2019

Dalam melaksanakan rencana kegiatan, Dinas Pendidikan Provinsi terlebih dahulu harus menyusun Panduan Pelaksanaan setiap kegiatan dengan mengacu pada Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Dekonsentrasi Direktorat Pembinaan SMA Tahun 2019. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan-Pesan Perjuangan/Kata Mutiara dari Para Pahlawan Nasional

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Pesan-Pesan Perjuangan/Kata Mutiara dari Para Pahlawan Nasional- Sahabat, jumlah Pahlawan Nasional Indonesia ada 168 yang antara lain : Martha Christina Tiahahu, Harun Thohir (Kopral KKO Harun bin Said, Thohir bin Mandar, Tahir), Radin Inten II (Radin Inten II gelar Kesuma Ratu), Supriyadi (Soedanco Soeprijadi, Suprijadi), Slamet Riyadi (Brigjen. Ignatius Slamet Rijadi), Wolter Monginsidi (Robert Wolter Monginsidi), Halim Perdanakusuma (Marsda. Abdul Halim Perdana Kusuma), R. A. Kartini (Raden Adjeng Kartini, Raden Ayu Kartini), Usman Janatin (Serda. KKO. Oesman Djanatin bin Haji Mohammad Ali), Pierre Tendean (Kapten CZI. Pierre Andreas Tendean), Bau Massepe (Letjen. Andi Abdullah Bau Massepe), I Gusti Ngurah Rai (Brigjen I Gusti Ngurah Rai), Iswahyudi (Marsma. R. Iswahjoedi), Arie Frederik Lasut (A.F. Lasut), Adisucipto (Marsda. Mas Agustinus Adisoetjipto), Ranggong Daeng Romo, Supeno (Soepeno), Pattimu...

Pendidikan di Indonesia pada Masa Penjajahan Jepang

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Pendidikan di Indonesia pada Zaman Penjajahan Jepang_ Pada tahun 1942 Jepang secara resmi menguasai Indonesia setelah panglima tertinggi Belanda menyerah. Pada masa Jepang ini, pendidikan yang sebelumnya telah berjalan saat penjajahan Belanda telah diberhentikan. Semua sekolah yang ada ditutup dan kembali dibuka setelah diberlakukannya sistem baru yang berbeda dari sistem pendidikan Belanda. Sistem baru pendidikan di zaman penjajahan Jepang ini dibuat untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Nah, untuk lebih jelasnya tentang sejarah pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan Jepang, berikut ulasan lengkapnya. Sistem Pendidikan Sistem pendidikan pada masa penjajahan Jepang terbagi atas beberapa bagian. 1. Pendidikan Dasar (Gokumin Gakko) Sekolah dasar atau sekolah rakyat dinunakan sebagai tempat untuk pembelajaran pendidikan dasar. Sekolah dasar dilakukan selama 6 tahun dan sekolah ini diperuntu...

Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa/Peserta Didik

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik/Siswa_ Pastinya Anda sudah sering mendengar istilah pendidikan karakter. Pendidikan karakter ialah pendidikan yang mengajarkan penanaman nilai-nilai moral kepada siswa berupa komponen pengetahuan dan tindakan sebagai pelaksanaan nilai-nilai kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Semua proses komponen harus dilibatkan, termasuk pendidikan itu sendiri yang meliputi kurikulum, proses pembelajaran, kualitas hubungan warga sekolah, pelaksanaan kegiatan pengembangan diri, dan sarana prasara pendukung lainnya. Pentingnya pendidikan karakter Pendidikan karakter merupakan hal penting untuk membentuk kepribadian siswa. Pendidikan tidak selalu berasal dari pendidikan formal saja namun juga dari pendidikan non formal, yang mempunyai peranan yang sama dalam membentuk kepribadian siswa. Nilai moral bangsa merupa...