Langsung ke konten utama

Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pemetaan KD baik KI-3 (Pengetahuan) maupun KI-4 (Keterampilan) menjadi pekerjaan dasar setiap guru, termasuk guru kelas 5 dalam mengajar di semester 1 (ganjil) ini. Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 berisikan pemetaan setiap KD pada pembelajaran, subtema, maupun tema dalam satu semester. Dengan melakukan pemetaan, seorang guru akan mengetahui, sebuah pembelajaran, subtema, ataupun tema yang diajarkan mengandung KD apa saja dari mupel apa saja.

Sehingga dengan tersusunnya pemetaan KD KI-3 (Kompetensi Inti Pengetahuan) dan KI-4 (Kompetensi Inti Keterampilan) akan memudahkan seorang guru kelas dalam melaksanakan tahap persiapan pembelajaran, pembelajaran, maupun pasca pembelajaran (penilaian). Baik dalam menyusun RPP, dan perencanaan penilaian (Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, maupun Penilaian Akhir Semester).

Peran penting pemetaan kompetensi dasar KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) ini guna memetakan masing-masing kompetensi dasar telah berada pada tema, subtema, maupun pembelajaran yang sesuai. Sekaligus menjadi 'penyatu' antara perencanaan pembelajaran (melalui RPP) perencanaan penilaian, hingga pengolahan hasil penilaian.

 berisikan pemetaan setiap KD pada pembelajaran Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013

Mengingat pentingnya peran pemetaan KD KI-3 dan KI-4 tersebut ayo madrasah memublikasi contoh pemetaan KD untuk KI-3 dan KI-4 kurikulum 2013 untuk SD/MI kelas 5 semester ganjil. Pemetaan KD ini disusun dalam bentuk file excel sehingga memudahkan bagi guru kelas yang ingin menggunakan ulang.

Baca Juga:

1. Distribusi KD Kelas 5 Semester Ganjil


Mata pelajaran Tematik Umum SD/MI Kelas 5 Semester Ganjil terdiri atas 5 tema yang tersebar pada 5 mupel yakni PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pentahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan SBDP).

Kelima tema tersebut masing-masing terdiri atas tiga subtema. Dan setiap subtema terbagi lagi dalam enam pembelajaran. Sehingga kompetensi dasar pada mata pelajaran ini dikelompokkan pada tema dan subtema sebagai berikut:
  • Tema 1, Organ Gerak Hewan dan Manusia, dengan subtema:
    • Organ Gerak Hewan
    • Organ Gerak Manusia
    • Lingkungan dan Manfaatnya
  • Tema 2, Udara Bersih Bagi Kesehatan, dengan subtema:
    • Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih
    • Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan
    • Memelihara Kesehatan Organ Pernafasan Manusia
  • Tema 3, Makanan Sehat, dengan subtema:
    • Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?
    • Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh
    • Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat
  • Tema 4, Sehat Itu Penting, dengan subtema:
    • Peredaran Darahku Sehat
    • Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah
    • Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia
  • Tema 5, Ekosistem, dengan subtema:
    • Komponen Ekosistem
    • Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem
    • Keseimbangan Ekosistem

Kesemua kompetensi dasar dari mupel (Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Seni Budaya dan Prakarya) didistribukan dalam tema dan subtema di atas. Sedang untuk Matematika dan PJOK, sesuai Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016) tidak masuk dalam tematik.

Distribusi kompetensi dasar (KD) baik untuk KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) pada masing-masing tema adalah sebagai mana gambar tabel berikut ini.

 berisikan pemetaan setiap KD pada pembelajaran Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013

2. Unduh Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1


Untuk memudahkan dalam memahami, membagi pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Mapel Tematik Kelas 5 Semester Ganjil Kurikulum 2013 dalam empat bagian. Keempatnya meliputi:
  • Pemetaan KD KI-3 Per Subtema dan Pembelajaran Kelas 5 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-3 Per Tema dan Subtema Kelas 5 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-4 Per Subtema dan Pembelajaran 5 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-4 Per Tema dan Subtema Kelas 5 Semester Ganjil
Keempat bagian tersebut ditambah dengan Distribusi KD disusun dalam sebuah file excel. Sehingga lebih memudahkan guru kelas 5 dalam menggunakannya maupun melakukan pengeditan sesuai dengan madrasah masing-masing.

Sila unduh Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1 (UNDUH FILE)

Baca Juga:
  • Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
  • Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013
  • Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013
  • Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013
  • Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013
  • Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013
Bagi guru kelas V SD/MI yang membutuhkan, sila unduh dan manfaatkan Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 dalam format file excel ini.


Sumber https://ayomadrasah.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan-Pesan Perjuangan/Kata Mutiara dari Para Pahlawan Nasional

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Pesan-Pesan Perjuangan/Kata Mutiara dari Para Pahlawan Nasional- Sahabat, jumlah Pahlawan Nasional Indonesia ada 168 yang antara lain : Martha Christina Tiahahu, Harun Thohir (Kopral KKO Harun bin Said, Thohir bin Mandar, Tahir), Radin Inten II (Radin Inten II gelar Kesuma Ratu), Supriyadi (Soedanco Soeprijadi, Suprijadi), Slamet Riyadi (Brigjen. Ignatius Slamet Rijadi), Wolter Monginsidi (Robert Wolter Monginsidi), Halim Perdanakusuma (Marsda. Abdul Halim Perdana Kusuma), R. A. Kartini (Raden Adjeng Kartini, Raden Ayu Kartini), Usman Janatin (Serda. KKO. Oesman Djanatin bin Haji Mohammad Ali), Pierre Tendean (Kapten CZI. Pierre Andreas Tendean), Bau Massepe (Letjen. Andi Abdullah Bau Massepe), I Gusti Ngurah Rai (Brigjen I Gusti Ngurah Rai), Iswahyudi (Marsma. R. Iswahjoedi), Arie Frederik Lasut (A.F. Lasut), Adisucipto (Marsda. Mas Agustinus Adisoetjipto), Ranggong Daeng Romo, Supeno (Soepeno), Pattimu...

Pendidikan di Indonesia pada Masa Penjajahan Jepang

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Pendidikan di Indonesia pada Zaman Penjajahan Jepang_ Pada tahun 1942 Jepang secara resmi menguasai Indonesia setelah panglima tertinggi Belanda menyerah. Pada masa Jepang ini, pendidikan yang sebelumnya telah berjalan saat penjajahan Belanda telah diberhentikan. Semua sekolah yang ada ditutup dan kembali dibuka setelah diberlakukannya sistem baru yang berbeda dari sistem pendidikan Belanda. Sistem baru pendidikan di zaman penjajahan Jepang ini dibuat untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Nah, untuk lebih jelasnya tentang sejarah pendidikan di Indonesia pada masa penjajahan Jepang, berikut ulasan lengkapnya. Sistem Pendidikan Sistem pendidikan pada masa penjajahan Jepang terbagi atas beberapa bagian. 1. Pendidikan Dasar (Gokumin Gakko) Sekolah dasar atau sekolah rakyat dinunakan sebagai tempat untuk pembelajaran pendidikan dasar. Sekolah dasar dilakukan selama 6 tahun dan sekolah ini diperuntu...

Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa/Peserta Didik

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020 . Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian Peserta Didik/Siswa_ Pastinya Anda sudah sering mendengar istilah pendidikan karakter. Pendidikan karakter ialah pendidikan yang mengajarkan penanaman nilai-nilai moral kepada siswa berupa komponen pengetahuan dan tindakan sebagai pelaksanaan nilai-nilai kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Semua proses komponen harus dilibatkan, termasuk pendidikan itu sendiri yang meliputi kurikulum, proses pembelajaran, kualitas hubungan warga sekolah, pelaksanaan kegiatan pengembangan diri, dan sarana prasara pendukung lainnya. Pentingnya pendidikan karakter Pendidikan karakter merupakan hal penting untuk membentuk kepribadian siswa. Pendidikan tidak selalu berasal dari pendidikan formal saja namun juga dari pendidikan non formal, yang mempunyai peranan yang sama dalam membentuk kepribadian siswa. Nilai moral bangsa merupa...